Arji’s Weblog

January 21, 2016

keep in touch ya!

Filed under: agak serius.., pikiran gw, postingan panjang — arji @ 3:52 pm

“keep in touch ya! ..:D ”

Yah kita sering mendengar ini pada beberapa acara perpisahan seperti wisuda, kelulusan SMA, farewell rekan kerja, atau bahkan event reuni. Sebenarnya apakah maksud dari kata-kata tersebut ? hmm…

Secara etimologi, artinya adalah tetap bersentuhan..untuk dalam hubungan antara sesama dimaksudkan adalah tetap berkomunikasi dan saling memberi kabar. Saat ini untuk tetap keep in touch dapat dilakukan dengan mudah dimana teknologi yang sudah berkembang dengan adanya ponsel, smartphone, dan internet tentu saja.

Namun, menurut saya pribadi, keep in touch ini belakangan ini hanya menjadi formalitas, dimana seakan-akan menjadi sebuah kewajiban untuk diucapkan saat acara-acara di atas, dimana tidak semua orang yang mengatakan benar-benar berniat untuk saling memberi kabar. namun hal ini bsia diatasi dengan membuat sebuah komunitas yang didalamnya beranggotakan orang-orang yang memiliki sejarah yang sama (semisal satu sekolah, kampus atau satu komunitas yang sama) yang beberapa tahun lalu marak digunakan mailing list (milist) dan saat ini marak juga digunakan grup di media sosial atau media chat, seperti grup whatsapp, blackberry, line, telegram, dsb. Di media ini grup ini pun, seringkali hampir setengah dari anggota grup tersebut adalah silent reader, atau anggota pasif. Ok, lalu maksud dari tulisan ini apa ? hmm…

 

Saling memberi kabar tentu saja dilakukan dalam rangka menjaga hubungan baik entah itu kawan saat sekolah, kuliah, atau pun rekan kerja di kantor yang lama. Karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan bantuan satu sama lain. Dengan tetap menjaga komunikasi atau sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dengan kata-kata “keep in touch ya..” adalah agar kita tidak merasa canggung atau pun malu bila suatu saat kita membutuhkan bantuan dari salah satu rekan tersebut. Apabila kita selalu mempertahankan kedekatan dengan rekan baik itu melalui tatap muka langsung atau pun media sosial komunikasi yang lain, tentu saja kita akan lebih mudah untuk mengutarakan maksud kita dalam meminta bantuan dari rekan tersebut.

 

Hal ini tentu saja akan terasa berbeda, bila kita tidak menjalin komunikasi dengan baik dengan rekan lama tersebut, misal saja saat merayakan hari raya keagamaan, tahun baru, pernikahan, maupun hari besar lain kita tidak memberi ucapan selamat maupun diberi ucapan selamat, maka akan terasa janggal apabila ndilalah kita meminta bantuan kepada rekan tersebut. “wah…si A kemarin-kemarin gw nikah aja gw undang ga dateng, ngucapin selamat kaga, ini kaga….sekarang kok tau-tau ngontak yak?..mau minjem duit nih…” atau “ebuset! ada apaan nih tau-tau dia ngajak ketemuan, kemarin pas reuni aja ngobrol kaga negor kaga…jangan-jangan mau presentasi MLM lagi, hadeuuu…” dan berbagai macam pikiran aneh lain yang tentu saja akan terbersit dalam hati rekan kita.

 

Namun, apabila kita senantiasa menjaga komunikasi yang baik dengan rekan tersebut, misal mengucapkan selamat tahun baru, ulang tahun, atau mengundang mereka saat salah satu acara yang kita adakan, tentu saja komunikasi akan lebih mudah dibangun dalam situasi apa pun. Dan apabila kita berada pada posisi yang dimintai tolong atau bantuan, tentu saja kita akan dengan senang hati memberikan bantuan semampu kita untuk rekan tersebut. Karena kita merasa dekat dengan mereka, dan mereka pun merasa dekat dengan kita, dan menghindarkan baik diri sendiri maupun orang lain dari prasangka yang kurang baik seperti “..ah elah, giliran mau minjem duit aja baru negor ni orang..” atau “…oalah, mau presentasi MLM toh…pantes aja rela-relain ngubungin duluan dia…padahal biasanya gw sms aja ga dibales..ckckck..”

 

Untuk itulah, kita sebaiknya senantiasa membina hubungan baik dengan siapapun dan selalu menjaga hubungan baik tersebut, karena ktia tidak akan pernah tahu kapan kita akan membutuhkan bantuan atau pun kita bisa memberikan bantuan pada rekan kita. Kita hidup di jaman apabila orang bertanya akan dianggap kepo dan apabila melakukan hal baik akan dianggap modus atau pencitraan. Mulai lah dari diri sendiri untuk menghubungi rekan kita baik lama maupun baru, entah itu sekedar menanyakan kabar, atau memberikan informasi tentang diri kita bahwa kita sekarang sudah pindah domisili, dsb dengan tujuan agar rekan kita selalu tahu kabar kita, juga sebaliknya sempatkan lah waktu untuk bertanya kabar rekan kita, domisili terbaru dimana, dsb dan apabila suatu waktu rekan ada yang menghubungi dengan alasan hanya ingin mengetahui kabar tentang kita, maka hargailah karena berarti rekan tersebut tulus dan hanya sekedar memperhatikan dan mengingat kita dan sudah sepatutnya kita merasa bahagia memilik rekan seperti demikian.

 

Jadi, keep in touch ya!

 

November 26, 2015

what you want and what you get

Filed under: "quote", agak serius.., english area, pikiran gw — arji @ 9:54 am

tadaa…

long time no see,huh?well,pardon me for my rareness posting my blog…sorry..

this afternoon,i just want to post about “what you want and what you get” (WYW&WYG)…yeph! the title is already shows the content of this posting. well, just face it, some of us must be always have a feeling that almost all of we want is hardly to get, and what we get is sometimes not that what we want. few examples, a teenager want to continue his/her study to this university after their highschool, but they didnt get the chance either they didnt have the time or they did have the time but they didnt pass the test, or an overweight man who want to have a skinny body, on the otherwise there also a very skinny man who want to gain his weight, a boy who cheated on his girl for a girl that didnt have a crush on him, etc.

well,many things that actually happen among us but maybe because of the frequency or ordinary things that actually can be categorized into this WYW&WYG condition. not only it happen, but also it happen also for other people in the opposite way, you understand? well,if we want something and we didnt get it, and we didnt really put an attetion to what already we have, in the very same time, there people that have what we want, and want the thing what we have so bad. it is somekind of a test for us,you know?.

maybe God just want us to feel grateful for what we have, and keep patient for what we want. hmm…that is a thing that Easy to Say Hard to Do , dude.

December 31, 2012

2012’s achievement

Filed under: Uncategorized — arji @ 11:54 pm

Eng ing eng….!

today already 27th of December 2012, time roll so fast dude….it is just like a week ago i set the fireworks and barbeque-ing a corn and sausage with my family🙂 . same as many people, i also have few target on this year (2012) that i already set in my mind on early of 2012, all of them are mix which is target on carrerr, life, etc. well,instead of explain them one by one that actually i do not remember actually (swear to you i will try to gather all of them in my mind while typing this post) its better if i mention them one by one together with the effort and actual position right now (either it is complete/achieve or not) so i can deliberate it in a good order… (fiuhhhh…)

1. having a baby

the first thing that always i remember and still spreading in my mind is having a baby. yeph!being a father is one of few my 2012 achievement. since my marriage on 10th of July 2011, we dont have a new member yet in this my little family, until now the person who live in my home sweet (can be much sweeter if the baby there) home are only me and my beautiful wifey Vidya. Two of us on (more…)

Correlated with ITIL

Filed under: agak serius.., english area, Information&Technology — arji @ 6:21 pm

Strategi Management for IT Services built with next few steps, Define the market, Define the offerings, Develop Strategic Assets, and Preparation for Implementation.

To support the defining the market,we can use Business Relationship Management (BRM) and detailig the demand management. For deeloping the offering we can use the Service Portfolio Management that include service pipeline, service catalog, retired sevices. Next, developing the assets we support by Financial Management. Last,for the Implementation we use the Design Product Management.

To continue,we can now do the Sevice Design, started by Requirement Analysis and Design solution,after that we do the Evaluate Alternative solution. Last, we Procure the solution and Develop the solution. All of that will make a new Service Design Package.

The detailing for Sevice catalog, Service level, Availability, Capability, Continuity, Security and Supplier will handled by Design Coordination.

December 9, 2012

Tak kasat mata

Filed under: Uncategorized — arji @ 12:16 pm

Rejeki atau kelebihan yang kita terima…
Yak,lg pgn ngomong tentang ini…karena sekarang ngerasa dapat rejeki yang beda dengan yang sebelumnya.

Kalau dulu jelas banget dapat rejeki dengan bentuk yang orang lain bisa lihat dan berwujud,sekarang sepertinya dapat rejeki dalam bentuk yang berseberangan dengan sebelumnya,yaitu tak terlihat. Kalau dengan rejeki yang terlihat biasanya akan jelas berasa dan ada kemungkinan mendapat komentar dari orang lain,entah berupa pujian atau malah umpatan (karena iri atau malah sirik) hehe.

Sekarang kayanya dapat rejeki yang ga berwujud,ga keliatan,ga kasat mata…bahkan seringkali ga berasa,ya bener ga berasa. karena pas bangun tidur,mandi,berangkat kantor, di kantor,perjalanan pulang,sampe rumah,makan dan istirahat rejeki itu emang ga (kerasa) ada. Ga kaya gadget yang ada dan bisa kita pegang,ga kaya orang yang berwujud dan bisa kita ajak interaksi,ga kaya duit yang bisa ditabung,habiskan,hitung dll.

Misal nih ya,dulu itu rencana ga pengen kuliah,bukan ga punya rencana mau (more…)

November 21, 2012

Pengaruh Bentuk Tes Formatif dan gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Siswa

Filed under: Uncategorized — arji @ 5:00 pm

Hasil belajar yang terukur dengan pemberian tes dan dilakukan pemeriksaan jumlah benar salah pada hasil jawaban individu belajar merupakan salah satu komponen pencapaian hasil belajar yang telah diraih oleh siswa. Oleh karena itu, hasil belajar merupakan komponen yang sangat penting sebagai indikator keberhasilan dan kualitas pembelajaran. berbagai metode dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar agar sesuai atau bahkan melebihi target, perbaikan dari segi materi yang diberikan, metode pembelajaran yang dilakukan disesuaikan dengan karakteristik anak, teknik menumbuhkan motivasi anak, maupun penggunaan media pembelajaran yang bervariasi.

 

Dalam mencapai peningkatan hasil belajar anak, berbagai faktor tersebut dikombinasikan menjadi beberapa variasi metode yang berbeda-beda. Untuk diingat, hasil belajar bukan lah merupakan tujuan utama pembelajaran, melainkan proses yang berjalan yang akan dipahami dan dilakukan secara tepat sehingga terjadi sinergi untuk hasil yang optimal antara proses dan hasil dari sebuah pembelajaran. Efektivitas pembelajaran dapat dicapai salah satunya dengan melakukan penilaian formatif terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di kelas. Dari penilaian formatif tersebut juga dapat menjadi sebuah umpan balik bagi tenaga ajar. Penilaian formatif tidak hanya menjadi umpan balik, namun juga bisa menghasilkan metode untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan motivasi belajar siswa.

 

Pemilihan metode formatif yang digunakan tentu saja haruslah melalui sebuah proses tertentu sehingga diperoleh metode formatif yang tepat. Beberapa komponen yang mempengaruhi metode formatif adalah kontrol dan waktu. Bila dalam perjalanan proses pembelajaran terdapat saran dan perbaikan yang akan dilakukan agar dapat berguna disebut kontrol. Informasi yang diberikan ke administrator atau pelaku bila terlambat maka akan sia-sia disebut waktu. Waktu juga merupakan pembeda antara formatif dan sumatif, apabila dilakukan saat proses maka disebut formatif, namun bila dilakukan setelah proses selesai disebut Sumatif.

……………

(draft)

 

October 17, 2012

Every morning event….

Filed under: english area, punya gw — Tags: , , , , — arji @ 8:05 am

so,basically i don’t know why i choose those title for my post this time, the thing is i just only want to write this time and i have to make it happen because 7/10 days i through are skip writing because of forgot what to write exactly when i already sitting in front of my computer..LOL

hmm…my routines every morning is almost the same everyday, such as woke up at 04.00 AM (yeah…very early i know) and then took wudhu and then pray after that, and then spent few more minutes at the praying mat with thinking,planning,wishing,etc for all my wishes either it is for short term or mid and long term. After adzan Shubuh arouind 4.20 AM, i wake up my wife to do the prayer together.

if i am too tired that time,i must go to (more…)

August 23, 2012

gathering of the #wisetry

Filed under: "quote", pikiran gw, Sports — Tags: — arji @ 1:20 am

1. Jodoh ga akan kemana, tapi kalau Bodoh ga akan kemana-mana (gabisamoveon) #wisetry #aad

2. Jodoh itu di tangan Tuhan,bukan di tangan pembantu,jd ga bakal dianterin..tp kita kudu ngambil sendiri,titik. #wisetry #aad

3. Maybe I’m not perfect, but I’m honest & not a fake one. #aad #wisetry

4. Jadi ikan arwana yang cantik&mahal di akuarium yang rapih&tertata…atau jadi ikan salmon yang berjuang untuk hidup dari arus ke arus setiap saat. #wisetry #pilihanhidup

5. Orang yang tinggal di Jakarta punya semangat hidup yang lebih tinggi dibanding orang yang hidup di kota lain di Indonesia – Hasan Gaffar. #wisetry

6. Losers will say what they will do, Winners doo without saying – fitness. #wisetry

7. Jika mampu,maka merantaulah..tinggalkan tanah kelahiranmu dan sebarkan manfaat yg kau bisa,saat kau tiada,dunia tahu kau pernah ada #wisetry

8. Ide tdk menjadi penemuan bila tdk dilakukan, mimpi tdk menjadi kenyataan bila kita tdk bangun dr tidur&mewujudkannya-AAD #wisetry

9.

July 31, 2012

Welcome the new ME..;D

Filed under: english area, postingan panjang, punya gw — Tags: , , , , , — arji @ 11:50 am
So, this is me! Ta daaa!
After being drown by the routines of my new life,place,and status.

pic on my IDcard

For sure, now I am not a lecturer again,I did resign from campus where I teach from 2008 until March 2011. Yeah, so sad that I have to leave those marvellous life where I spent my day with gym in the morning, study until noon, lecturing at the afternoon,and capoeira by evening.

Yeph, I was a member at Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Fitness Center for almost 2 years and spent 3-4 days a week every morning there to weight-training.

still trying to get this result

After that I back to my dormitary and prepare to go to (more…)

October 15, 2010

So hard to get back do sports routine -____-!

Filed under: Uncategorized — arji @ 9:26 am

Until now, almost 3 months i didn’t do sports routine, and almost 1 month didn’t do sports at all. Actually, i do love sports! all sports except one, swimming! (we’ll talk abou this later,huh?=). And two the best are Capoeira and Gym Fitness.Last time was monday 20th of september 2010 i practice capoeira in Unpad Bandung, and for gym, it was….it was….damn!i can’t remember excatly, but i think few days after Ied Fitri Day. I can’t blame anything except my capabilities in time-management which is not really good that make me lose something when i get something.

Yeah, not only that its kind of rare i have (more…)

Older Posts »

Create a free website or blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.