Arji’s Weblog

November 21, 2012

Pengaruh Bentuk Tes Formatif dan gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Siswa

Filed under: Uncategorized — arji @ 5:00 pm

Hasil belajar yang terukur dengan pemberian tes dan dilakukan pemeriksaan jumlah benar salah pada hasil jawaban individu belajar merupakan salah satu komponen pencapaian hasil belajar yang telah diraih oleh siswa. Oleh karena itu, hasil belajar merupakan komponen yang sangat penting sebagai indikator keberhasilan dan kualitas pembelajaran. berbagai metode dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar agar sesuai atau bahkan melebihi target, perbaikan dari segi materi yang diberikan, metode pembelajaran yang dilakukan disesuaikan dengan karakteristik anak, teknik menumbuhkan motivasi anak, maupun penggunaan media pembelajaran yang bervariasi.

 

Dalam mencapai peningkatan hasil belajar anak, berbagai faktor tersebut dikombinasikan menjadi beberapa variasi metode yang berbeda-beda. Untuk diingat, hasil belajar bukan lah merupakan tujuan utama pembelajaran, melainkan proses yang berjalan yang akan dipahami dan dilakukan secara tepat sehingga terjadi sinergi untuk hasil yang optimal antara proses dan hasil dari sebuah pembelajaran. Efektivitas pembelajaran dapat dicapai salah satunya dengan melakukan penilaian formatif terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di kelas. Dari penilaian formatif tersebut juga dapat menjadi sebuah umpan balik bagi tenaga ajar. Penilaian formatif tidak hanya menjadi umpan balik, namun juga bisa menghasilkan metode untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan motivasi belajar siswa.

 

Pemilihan metode formatif yang digunakan tentu saja haruslah melalui sebuah proses tertentu sehingga diperoleh metode formatif yang tepat. Beberapa komponen yang mempengaruhi metode formatif adalah kontrol dan waktu. Bila dalam perjalanan proses pembelajaran terdapat saran dan perbaikan yang akan dilakukan agar dapat berguna disebut kontrol. Informasi yang diberikan ke administrator atau pelaku bila terlambat maka akan sia-sia disebut waktu. Waktu juga merupakan pembeda antara formatif dan sumatif, apabila dilakukan saat proses maka disebut formatif, namun bila dilakukan setelah proses selesai disebut Sumatif.

……………

(draft)

 

Advertisements

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: